Belanda Kembalikan 1500 Artefak Indonesia

Assalamualaikum wr. wb. Halo gaes apa kabar? Sekarang kita akan bahas tentang Belanda yang mengembalikan artefak Indonesia yang ada di Belanda pada tahun 2016 lalu. Sudah lama sih… tapi kalian belum pada tau kan?? Kalo gitu silakan baca berita berikut.

PM Belanda bersama Presiden RI Joko Widodo di gedung kepresidenan.

Melalui Perdana Menteri Belanda Mark Rutte, Belanda akan mengembalikan 1500 artefak Indonesia, “Ada 1.500 artefak yang akan dikembalikan ke Indonesia dan keris ini sebagai simbolnya,” kata Pak Rutte di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 23 November 2016.. Pak Rutte datang ke Indonesia untuk melakukan kunjungan kerja sekaligus balasan atas kunjungan Presiden Jokowi yang sudah berkunjung ke Balanda pada 22 April 2016.

 

Presiden RI Joko Widodo bertemu PM Belanda Mark Rutte di Belanda.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengapresiasi langkah pemerintah Belanda yang ingin mengembalikan artefak Indonesia yang ada di negaranya. Menurut Muhadjir, banyak artefak Indonesia yang tersimpan di sana. “Saya belum dapat info yang cukup, tapi itu suatu hal yang bagus,” kata dia di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 23 November 2016.

Muhadjir selaku menteri pendidikan Indonesia pada saat itu mengaku, secara pribadi tak tahu-menahu tentang rencana pemerintah Belanda tersebut. Kendati demikian, ia menilai langkah itu penting lantaran ada banyak artefak penting yang mempunyai nilai sejarah. “Saya kira ini luar biasa,” ucapnya. Nantinya, pemerintah akan menyimpan artefak asal Indonesia itu di sejumlah museum.

Sekian informasi dari kami, semoga bisa menambah wawasan. Wassalamualaikum wr. wb.