Guru Tamu “Pejuang Kemerdekaan”


Pada tanggal 12 November 2019, kami kedatangan guru tamu Veteran dari Lembaga Veteran Republik Indonesia atau disingkat LVRI cabang Jawa Timur. Mereka lah yang telah berjuang untuk memerdekakan Indonesia dari penjajah dan menjadikan Indonesia sebagai negara yang makmur dan berdaulat. Para Veteran yang datang antara lain adalah: Eyang Sunardi, Eyang Warman, Eyang Surip, dan Eyang Karsono.

Sebelum acara dimulai, kami membaca do’a dan pembukaan oleh Ustadz Hasbi. Setelah itu kami menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Mereka memberi pencerahan kepada kami Pemuda Pemudi Indonesia untuk selalu menuntut ilmu dan memberi pesan kepada 254,9 juta penduduk Indonesia agar dapat memajukan negara Tanah Air kita ini, Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Mereka juga menceritakan kisah perjuangan Mereka saat berjuang di medan perang melawan penjajah, serta menjelaskan arti Wawasan Kebangsaan termasuk makna, tujuan, nilai, unsur, serta azas yg melandaskan Wawasan Kebangsaan tersebut.

Mereka juga menjelaskan macam-macam Veteran, antara lain: Veteran Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia,Veteran Pembela Kemerdekaan Republik Indonesia,Veteran Perdamaian Republik Indonesia, serta Veteran Anumerta Republik Indonesia. Masing-masing Veteran melaksanakan tugasnya masing-masing di waktu yang berbeda.

Selain itu, mereka juga menjelaskan operasi yang dilakukan bangsa Indonesia untuk memerjuangkan Indonesia pada saat itu, seperti Operasi Seroja, Operasi Trikora, dan Operasi Dwikora. Operasi-operasi itu adalah bentuk perjuangan bangsa Indonesia untuk memerdekakan negaranya.

Setelah itu, acara ditutup dengan pembacaan do’a yang dipimpin oleh Ustadz Hasbi. Setelah acara ditutup, kami bersalaman dengan para Veteran dan melakukan foto bersama antara murid dan para Veteran.

Semoga para pelajar dapat meneladani semangat perjuangan para pejuang.

Kontributor : Firdaus kelas 7